Tak hanya sejarahnya yang unik, cincin kawin juga memiliki fakta unik di baliknya. Belum lagi setiap negara memiliki ciri khasnya masing-masing yang makin menambah keindahannya. Cari tahu fakta-fakta apa saja yang dibaliknya, yuk!

cincin kawin

Menyematkannya di jari manis |Source: https://www.frankncojewellery.com/

Digunakan di Jari Tertentu

Sering kali kita menemui penggunaan benda sakral yang satu ini pada jari manis kanan, ternyata tak semua negara menyematkannya pada jari manis kanan melainkan kiri. Maknanya pun berbeda-beda. Negara Perancis dan Inggris percaya bahwa menyematkan cincin kawin pada jari manis kiri terdapat syaraf yang berhubungan langsung dengan hati, ini disebut dengan Vena Amoris atau vena cinta.

cincin kawin

Disematkan di jari kaki sang mempelai wanita |Source: https://www.passionjewelry.co.id/

Berbeda halnya dengan Negara India, disana mempelai wanita menggunakannya di jari kaki mereka. Erat kaitannya dengan tradisi, penggunaan di jari kaki ini juga memiliki manfaat dalam kesehatan lho! Manfaat ini tentunya sangat berdampak baik pada tubuh seperti menstruasi lebih lancar dan keseimbangan rahim.

Kembali Mengulangi Janji Pernikahan Setiap 25 Tahun

Prosesi pernikahan dianggap sangat sakral karena mengikat janji sepasang hati untuk selalu bersama dalam suka maupun duka. Saking sakralnya, janji pernikahan ini harus diulang kembali di Rumania jika ulang tahun pernikahannya sudah memasuki 25 tahun. Mereka akan bertukar cincin kembali seperti yang pernah dilakukan dengan yang berbahan perak.

cincin kawin

Kembali mengulang pernikahan setelah puluhan tahun bersama |Source: https://wolipop.detik.com/

Beda halnya jika sudah memasuki 50 tahun, cincin yang digunakan untuk mengulang kembali janji pernikahan adalah cincin emas. Hal ini tentunya bisa anda ikuti jika sudah memasuki usia pernikahan yang tak lagi muda. Ini tentunya dapat menguatkan kembali cinta kalian hingga maut memisahkan.

Cincin Kawin Tak Hanya Terbuat dari Emas

Kebanyakan cincin kawin terbuat dari emas karena dianggap sebagai logam yang paling murni dan berharga. Apalagi jika seorang pria melamar sang pujaan hati menggunakan perhiasan emas yang satu ini, ia dapat dianggap sebagai pria yang mapan dan siap berumah tangga. Ini tentu membuatnya semakin istimewa dan menjadi simbol kesempurnaan bagi sebuah pernikahan.

cincin kawin

Berbahan palladium |Source: https://ubejewellery.com/

Tak hanya emas, ada material lain yang dapat anda gunakan saat melamar pasangan. Ada material perak, emas putih atau platinum hingga palladium. Dari semua material yang ada, palladium dikatakan kualitasnya tak kalah lebih baik dari yang lain. Tak hanya tahan lama, palladium juga mudah untuk dibersihkan hingga tidak menimbulkan alergi pada kulit. Namun untuk segi harganya, emas masih memimpin paling awal ketimbang palladium.

Wah, ternyata ada banyak sekali fakta dan makna dibalik cincin kawin ya. Walaupun ukurannya lebih mungil dari perhiasan lain, bukan berarti cincin kawin tidak istimewa. Kini anda dapat memilih material yang cocok dengan keinginan anda dan pasangan, jangan lupakan juga undangan pernikahan yang menjadi wadah kabar bahagia pada kerabat dekat. Jangan ragu untuk bertanya mengenai undangan pernikahan pada kami ya!

Butuh Bantuan ? Chat Kami Via Whatsapp